Bagi yang ingin menjadi penulis/sekedar bertanya.
Silahkan Email : dsahendra@gmail.com

Tokoh Dunia: Franklin Delano Roosevelt (1)

FDR   Seiring jumlah pengunjung saya yang mencapai 700. Kali ini saya akan membagikan sebuah Riwayat kehidupan seorang Tokoh dunia yang bernama Franklin Delano Roosevelt(FDR). Dia adalah seorang tokoh yang berjasa bagi kehidupan rakyat Amerika. Berikut riwayatnya:
 Kehidupan awal
   Franklin Delano Roosevelt ( biasa disebut FDR oleh rakyat Amerika) lahir tanggal 30 Januari di Hyde Park,New York. Ayahnya , James Roosevelt Sr. Seorang Amerika keturunan Belanda dan Sara Ann Delano ibunya berdarah Prancis. FDR tumbuh dalam keluarga yang mapan dengan kelas social yang tinggi karena keluarganya merupakan keluarga kaya dan terpandang di New York. FDR sangat dekat dengan kedua orangtuanya, Sara memiliki pengaruh yang sangat kuat di awal kehidupannya dan James sering menghabiskan waktu bersamanya. FDR belajar menembak, bermain polo dan tenis, menunggang kuda, mendayang dan sebagainya/ Keluarga Roosevelt juga sering berpergian ke Eropa sehingga membuat FDR fasih berbahasa Jerman dan Perancis.

   Saat berusia 14 tahun FDR masuk Sekolah Groton di Massachusetts. Sekolah Groton adalah sebuah sekolah ekslusif berasrama khusus untuk anak laki-laki yang didirikan dan dikepalai oleh Pendeda Endicott Peabody. Pendeta Peabody selalu menekankan kepada murid-muridnya bahwa tugas seorang kristiani adalah untuk membantu sesamanya dan mendorong murid-muridnya untuk melakukan pelayanan social. Ajaran Pendeta Peabody memiliki pengaruh yang kuat pada diri FDR. Setelah lulus dari Groton. FDR melanjutkan kuliah ke Universitas Harvard tahun 1900 dan tahun 1905 melanjutkan lagi ke sekolah hukun Universitas Columbia. FDR tidak pernah mendapatkan gelar sarjana hukumnya karena telah lulus ujian pengacara di New York tahun 1907.


FDR dan Theodore Roosevelt Jr.

   FDR sangat mengagumi sosok Theodore Roosevelt Jr  (Presiden Amerika ke-26 yang merupakan sepupu jauh FDR) FDR mengikuti jejak langkah Theodore untuk terjun ke dunia politik Amerika dan berusaha mengikuti alur karir Theodore sampai menjadi presiden, seperti menjadi anggota senat, asisten menteri angkatan laut, gubernur New York dan akhirnya menjadi presiden.

   Bahkan saat menjadi asisten menteri angkatan laut dan perang dunia pertama pecah, FDR berniat ikut berperang sama seperti yang dilakukan Theodore saat menjabat posisi yang sama (Theodore memimpin pasukan “Rough Rider” untuk mengusir pasukan Spanyol dari teluk Filiphina pada perang Amerika-Spanyol tahun 1898). Tetapi permintaan FDR ini ditolak oleh Presiden Woodrow Wilson dan menteri angkatan laut Josephus Daniels.


   FDR dan Anna Eleanor Roosevelt

   Tahun 1902 FDR bertemu Anna Eleanor Roosevelt yang masih merupakan sepupu jauhnya dan juga keponakan Theodore Roosevelt. FDR dan Eleanor menikah pada tahun 1905 dan memiliki 6 anak tetapi salah satu diantaranya meninggal saat berusia beberapa bulan. Perkawinan FDR dan Eleanor mulai tidak harmonis saat FDR menjabat asisten menteri angkatan laut, tetapi mereka tidak pernah bercerai. FDR sibuk dengan karir politiknya dan Eleanor menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan kewanitaan dan social.


   Senator Negara Bagian New York dan Asisten Menteri Angkatan Laut.
    Tahun 1910 FDR berhasil terpilih menjadi anggota senar Negara bagia New York dan terpilih kembali untuk kedua kalinya di tahun 1912. Tetapi tanggal 17 maret 1913 FDR mengundurkan diri karena ditunjuk menjadi asisten menteri angkatan laut oleh Presiden Woodrow Wilson. Saat perang ddunia pertama meletus, FDR mengunjungi Inggris dan Perancis untuk mengawasi fasilitas angkatan laut Amerika. Disinilah untuk pertama kalinya FDR bertemu Winston Churchill.
    Saat perang dunia pertama berakhir FDR ditugaskan untuk pembubaran tentara dan pelucutan senjata. Bulan Juli 1920 FDR mengundurkan diri dari jabatannya sebagai asisten menteri angkatan laut karena terpilih menjadi calon wakin presiden dari partai demokrat, mendampingi calon Presiden James M.Cox. Pada pemilu ini James M.Cox dan FDR kalah telak dari Warren Harding, calon presiden dari partai republic. FDR kemudian kembali ke kehidupannya semula di New York sebagai warga sipil biasa.

   FDR dan Penyakit Polio
   Bulan Agustus 1920 saat berlibur ke Pulau Campobello FDR terserang penyakit polio dan mengakibatkan mengalami kelumpuhan dari pinggang ke bawah. FDR mencoba berbagai macam terapi termasuk hydroterapi. Tahun 1926 FDR membeli sebuah resort di Warmspring, Georgia dan menjadikannya pusat hydroterapi bagi penderita polio. Sampai saat ini masih beroprasi dengan nama “Roosevelt Warm Springs Institute For Rehabilitation”.
   Pada saat itu kehidupan pribadi seorang tokoh masyarakat belum mendapat sorotan tajam seperti sekarang ini sehingga FDR dapat meyakinkan masyarakat bahwa kesehatannya semakin membaik. FDR menyadari pentingnya hal ini apabila dia ingin  menjadi tokoh politik. FDR dapat berjalan dengan bantuan tongkat dan berdiri saat muncul di tengah masyarakat. Dalam kesehariannya, FDR menggunakan kursi rodan tetapi berusaha keras agar hal itu tidak diketahui oleh umum. Pada tahun 2003, sebuah penelitian menemukan bahwa kelumpuham kaki pada FDR sebenarnya adalah gullain-barre syndrome, bukan polio.

   Gubernur New York
   Tahun 1928 FDR kembali ke dunia politik dan dicalonkan menjadi gubernur New York oleh partai demokrat. FDR terpilih menjadi guberner dengan selisih suara yang sangat sedikit. Pada masa jabatannya sebagai gubernur New York, Amerika mengalami kemunduran ekonomi dan menuju depresi hebat dimana pasar bursa Wall Street jatuh pada tanggal 29 oktober 1929 (Biasa dikenal dengan “ Black Tuesday”). Pengangguran terjadi dimana mana dan jumlahnya semakin bertambah.
   Untuk mengatasinya FDR membentuk program social baru yang membantu pengangguran di New York dan mulai mengumpulkan penasehat-penasehatnya yang akan dibawanya ke Washington saat  menjabat sebagai presiden, seperti Harry Hopkins dan France Perkins. FDR terpilih kembali sebagai gubernur untuk kedua kalinya pada tahun 1930.

   Karena terlalu panjangnya Riwayat FDR, maka kelanjutan ceritanya bisa dibuka disini.

jangan lupa dikomentari agar blog ini bisa berkembang. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar