Bagi yang ingin menjadi penulis/sekedar bertanya.
Silahkan Email : dsahendra@gmail.com

Tokoh Dunia: Napoleon Bonaparte

   Sebelum saya memberikan info riwayat hidup tokoh dunia lainnya. Saya mengucapkan " Selamat Menunaikan Ibadah Puasa " bagi yang menjalankannya. 
   Sudah hampir seminggu saya tidak posting tentang tokoh dunia. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang tokoh dunia lainnya. Silahkan Disimak :

Raksasa Kecil Prancis, Napoleon Bonaparte.

   Sesuggunhnya napoleon tokoh macam apa? Melewati perjuangan macam apa sehingga dia yang berasal dari keluarga miskin yang lahir di pulau kecil Corsica bias naik tahta kekaisaran? Dalam perjalanan hidupnya yang seperti drama, telah meninggalkan pengaruh apa bagi manusia?
   Napoleon lahir di Pulau Corsica, Laut Tengah. Pada usia 10 tahun, meninggalkan kedia orang tua, masuk Sekolah Militer Brienne. Di sana sering diejek dan dihina anak-anak bangsawan, namun dia yang berkemauan keras, bertahan dengan gigih. Pada usia 15 tahun, dengan hasil nilai yang terbagus dikirim ke Akademi Angkaran Darat. Satu tahun disana, ayahnya meninggal, maka dia memutuskan lulus lebih awal, karena akan menanggung biaya keluarga. Kemudian meletus Revolusi Perancis, situasi dalam negeri sangat kacau, Napoleon memutuskan pulang ke Corsica.

   Setelah Napoleon pulangkampung, berselisih pendapat dengan Jenderal Paoli yang berkuasa di Corsica saat itu, dengan liciknya memerintahkan orang membakar rumah Napoleon, sehingga mereka sekeluarga dengan kapal mengungsi ke Marseille, Perancis. Sepulang Napoleon ke Perancis, pemerintah baru mengutus dia menumpas pemberontak. Tugas ini dilaksanakan dengan baik, dia berhasil mengalahkan Inggris dan Spanyol di Toulon, keberhasilan-keberhasilan ini menjadikan dia berpangkat brigjen. Saat itu pemimpin pemerintah Republik Robespierre dihukun mati, Napoleon juga ditangkan karena dianggap komplotannya, tapi dua minggu kemudian dibebaskan dengan nama bersih. Tak lama, kaum Royalis mengancam pemerintah lagi, dan Napoleon berhasil mengalahkan pemberontakan Beauharnais. Sejak itu dia mulai terkenal. Pada usia 27 tahun menikah dengan Josephine.

   Setelah menikah, Napoleon diutus ke Italia, mengalahkan pasukan Austria, terus menyerang kota dekat Eina, dan berhasil menandatangani perjanjian dengan Austria. Tahun berikutnya(1798), musim semi, berangkat ke Mesir. Di luar dugaan, Angkatan Laut yang dijadikan barisan belakang, dipukul kapal Inggris di Abukir. Bersamaan dengan itu ia mendapat berita bahwa Austria, Inggris, Rusia hendak bersekutu menyerang Perancis, sehingga tergegas Napoleon pulang, menggulingkan pemerinta yang tak mampu, mendirikan pemerintah baru disebut “Consulate” dan dia menjadi konsul pertama, juga menyusun “Code Napoleon”. Merombak balik politik maupun ekonomu dalam negeri. “Code Napoleon” ini menjadi dasar ketentuan hokum Negara lain di kemudian hari.

   Setelah menjadi konsul pertama, dia mengadakan ekspedisi ke Italia lagi, di dataran Marengo mengalahkan pasukan Austria, sepulang dari sana dinobatkan menjadi kaisar oleh rakyat.
   Sejak itu, pasukan Napoleon menyapu daratan Eropa, menguasai benua Eropa. Namun, Angkatan Laut dikalahkan Inggris di Trafalgar. Untuk mengalahkan Inggris, dia mengumumkan politik Embargo, melarang semua Negara Eropa berdagang dengan Inggris.

   Namun, Rusia bagian timur  tidak menghiraukan larangan Napoleon, sehingga Napoleon memutuskan menaklukan Rusia. Di luar dugaan, pasukan Rusia sama sekali tidak melawan, Cuma menghindar. Napoleon mengejar terus, akhirnya menemukan bahwa semua kota kosong, bahan makanan juga dibakar habis, tentara Perancis segara kelaparan. Tak lama, datang musim salju Rusia yang sangat dingin, memaksa pasukan Perancis yang kedinginan dan kelaparan mundur pulang ke negaranya, namun saat kritis begini tiba-tiba muncul pasukan Rusia. Pasukan Prancis yang sudah tidak berdaya, hanya bias lari pontang-paning. Dibawah tekanan pasukan Rusia dan salju yang kejam, Napoleon lari ke perbatasan Polandia. Saat itu tentaranya tinggal 15.000 orang, disbanding ketika berangkat ekspedisi awal dari Paris berjumlah 670.000 orang, sungguh tragis!

   Mendapat berita kekalahan pasukan Perancis, Negara-negara Eropa lainnya bersekutu menyerang Perancis, Napoleon berhasil ditangkap. Tak lama kemudian, Dibuang ke Pulau Elba. Namun, dia berhasil lari dari Pulau Elba, Pulang ke Perancis, dan kembali berkuasa sehingga berperang lagi melawan Sekutu di Waterloo, tapi keberuntungan sudah jauh darinya. Kali ini dia pun kalah, dibuang ke Pulau St.Helena, sebuah pulau kecil di Selatan Samudra Atlantik. 5 Mei 1812 akibat serangan kanker, dia meninggal.
Berakhilah hidupnya yang cemerlang….
Selamat tinggal.. Napoleon Bonaparte..

   Sekian tokoh dunia yang saya posting, jangan lupa komentar dan g+nya yah..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar