Bagi yang ingin menjadi penulis/sekedar bertanya.
Silahkan Email : dsahendra@gmail.com

Tokoh Dunia: Franklin Delano Roosevelt (2)

   Terimakasih yang sudah berkunjung ke Blog saya ini, kali ini saya akan membagikan kelanjutan dari Seri Tokoh Dunia FDR (1) yang sudah saya tulis sebelumnya.
Berikut kelanjutan Riwayat hidupnya:
   FDR dan Depresi hebat
   Tahun 1932 FDR merupakan calon terkuat dari partai demokrat untuk menjadi presiden. Pemilu presiden 1932 dilaksanakan di bawah bayang-bayang depresi hebat. Selama masa kampanye FDR mempunya slogan yang terkenal: “Saya berjanji pada kalian, saya berjanji pada diri saya sendiri, akan membuat program ‘New Deal’ bagi rakyat Amerika”.

   FDR berhasil memenangkan Pemilu dengan memperoleh 57% suara mengalahkan Herbert Hoover dari partai Republik. Pada saat dilantik di bulan Maret 1933, Amerika sedang berada pada kondisi terburuk depresi hebat. “…. Satu-satunya hal yang perlu kita takuti adalah ketakutan itu sendiri…” Pidato FFDR pada saat hari pelantikannya ini telah menumbuhkan semangat dan harapan baru bagi rakyat Amerika.
   Tindakan pertama yang diambil FDR untuk mengatasi krisis adalah membuat peraturan perbankan yang baru (Emergency Banking act), kemudian duukuti dengan program bantuan bagi pengangguran diantaranya FREA(Federal Emergency Relief Administration) Dan Civilian Conversation Corps(CCC), bantuan bagi petani dengan Agriculture Adjusment Administration (AAA) juga perbaikan ekonomi nasional  dengan National Industrial Recovery Act(NIRA). Tahun 1935-1936 FDR membentuk Work Progress Administration (WAP) untuk mengatasi pengangguran dan mengesahkan National Labour Relation Act, yang mengizinkan buruh untuk memiliki serikat pekerja, mengadakan perundingan dan hak untuk melakukan demonstrasi atau mogok kerja serta Social Security Act.
   Walaupun perbaikan ekonomi tidak selesai sampai tahun 1940, tetapi banyak program-program yang dibuat semasa pemerintahan FDR tetap dipergunakan dan memiliki arti yang penting bagi dunia bisnis di Amerika, seperti Security and Exchange Commission(SEC) dan Federal Asurance Deposit Bank (FDIC). Salah satu warisan FDR yang paling penting adalah system jaminan social bagi masyarakat Amerika.

   4 Kali Masa Jabatan Sebagai Presiden
   FDR berhasil terpilih kembali menjadi presiden untuk kedua kalinya tahun 1936 dengan memenangkan 60% suara. Pada masa unu hanya sedikit uu yan g berhasil diloloskan oleh FDR ke kongres, diantaranya United States Housing Authority, Agricultural Adjustment Act yang ke 2 dan Fair Labour Standart Act. Selain itu FDR juga harus berhadapan dengan mahkamah agung yang membatalkan program National Recovery Administration(NRA) dan program Agriculture Adjustment Administration (AAA).
   Pemilu tahun 1940 FDR tidak bernit mencalonkan diri kembali sebagai presiden dan ingin kembali ke Hyde Park. Tetapi rakyat Amerika memilih kembali FDR sebagai presiden untuk yang ketiga kalinya. FDR didampingi oleh Henry A.Wallace sebagai wakil presiden. Di tahun 1944 FDR kembali dipercaya oleh rakyat Amerika untuk yang ke-4 kalinya sebagai presiden didampigi oleh wakil presiden Harry S.Truman. Dalam sejarah Amerika FDR adakah satu-satunya presiden Amerika yang terpilih 4 kali dakam masa jabatannya, dari tahun 1933 sampai 1945.

    FDR dan Perang Dunia II
   Perang Dunia II dimulai ketika Jerman menyerang Polandia pada September 1939. FDR mulai berusaha mengubah pandangan isolasionis rakyat Amerika dan membantu memperkuat Negara-negara yang terancam atau diserang. Selama perang FDR bekerja sama dengan penasehatnya Harry Hopkins menjadikan Amerika pemimpin penentang Nazi Jerman, sebagai pemasok senjata serta keuangan bagi pasukan sekutu.
   FDR juga memimpin Amerika menjadi ‘gudang senjata demokrasi’, merekrut 18 juta rakyat Amerika menjadi tentara dan mulai melakukan pengerahan tenaga rakyat serta sumber daya alam yang ada untuk  menjalankan perang total yang akhirnya benar-benar terjadi setelah Jepang menyerang  pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Desember 1941.
   FDR berperang penting dalam mewujudkan visi dunia setelah perang berakhir dengan mengadakan beberaoa kali pertemuan bersama pemimpin Negara-negara lain seperti Winston Churchill(Inggris), Joseph Stalin(Uni Soviet), dan Chiang Kai Sek(China). Pada konferensi Yalta bulan Februari tahun 1945 diputuskan rencana pembentukan United Nation(Perserikatan bangsa-bangsa/PBB) sebagai suatu organisasi dunia dimana semua Negara yang cinta damai dapat bergabung dan menyelesaikan persoalan antar Negara secara damai.

   Warisan FDR
   Ketika FDR menginggal dunia tahun 1945, kondisi Amerika Serikat sudah sangat berbeda dan jauh lebih baik dari sebelumnya. Amerika telah terlepas daru depresi hebat, industry berkembang sangat luas, tidak adanya pengangguran dan kesejahteraan masyarakat telah kembali serta terbukanya kesempatan kerja yang luas bagi kaum Afro-Amerika dan wanita.
   Masa pemerintahan FDR telah memberi arti baru bagi liberalisme Amerika untuk generasi berikutnya serta memperbaharui persekutuan partai demokrat sehingga menjadi kekuatan koalisi dari berbagai kalangan seperti serikat pekerja, petani, agama dan ras minoritas, intelektual, kaum dari selatan, buruh dan rakyat jelata.

   Dalam perannya di dunia internasional FDR telah berhasil menciptakan visi dunia baru yang damai setelah perang berakhir dengan dibentuknya United Nation(PBB) Bulan Oktober 1945.

   Sekian Riwayat hidup dari seorang FDR,seseorang yang sangat berjasa bagi rakyat Amerika. Nantikan Riwayat hidup dari tokoh tokoh yang lainnya. Dan mohon Komentar dan G+1 nya agar blog ini semakin berkembang. Semoga info yang saya berikan Bermanfaat. 
Terimakasih.

1 komentar: