Bagi yang ingin menjadi penulis/sekedar bertanya.
Silahkan Email : dsahendra@gmail.com

Tokoh dunia: Legenda komputer Bill Gates (1)

   Setelah Meng'edit' beberapa materi yang ada di blog ini, saya sempatkan untuk berbagi informasi yang mungkin berguna sebagai referensi sebagai bahan mata pelajaran. Dan mungkin berguna bagi pecinta komputer.
Bill Gates
   Kali ini saya akan berbagi riwayat hidup Tokoh dunia Legenda Komputer Bill Gates. Siapa sih Bill Gates? Gimana dia bisa terkenal sampai sekarang?
   Mau tahu jawabannya? Cukup Simak Cerita dibawah ini:


Legenda Komputer, Bill Gates

Kehidupan awal

   William Henry Gates III, Biasa dipanggil Bill Gates, lahir tanggal 28 oktober 1955 di Seattle, Washington. Bill lahir dalam lingkungan keluarga yang mapan dan tepandang. Ayahnya William Henry Gates,Jr. Seorang pengacara, sedangkan kakeknya seorang banker. Ibunya , Mary, seorang guru sebelum menikah.
   Bagi Bill, kehidupan keluarga sangatlah penting. Bersama dengan orangtuanya dan kedua saudaranya, dia membentuk llingkungan keluarga yang gemar belajar. Keluarganya sangat gemar membaca, bermain bridge atau game board, memecahkan teka-teki, juga berdiskusi tentang segala hal seperti buku maupun politik.
   Bill Gates saat masih kanak-kanak sangat aktif, dia suka sekali menggoyangkan ayunannya ataupun mainan kuda-kudaan. Kebiasaan Bill untuk menggoyangkan badan ke depan dan kebelakang ii tidak pernah bisa hilang sampai sekarang. Dia sering melakukannya untuk membantunya berkonsentrasi.

Komputer sebelum Billl Gates.

   Komputer sangatlah mahal di akhir tahin 1960-an, sehingga hanya perusahaan besar saja yang mampu membelinya. Komputer juga masih berukuran besar, bisa memenuhi satu ruangan penuh, Tidak seperti sekarang ini. Dengan keadaan sepert itu, perusahaan kecil ataupun sekolah-sekolah hanya mampu menyewa computer pada pusat computer yang tersedia.

Lakeside Prep School dan Teletype

   Bill bersekolah di sekolah umum, tetapi karena kepandaiannya, dia banyak dijauhi teman-tamannya. Akhirnya, pada tahun 1967 orangtua Bill Gates memutuskan untuk memindahkan Bill ke Lakeside Prep School, sebuah sekolah swasta unggulan di Seattle. Musim semi 1968, Lakeside Prep School Melengkapi sekolah swasta mereka dengan Teletype, sebuah mesin computer dan menyewa waktu pemakaian computer dari General Electric.
   Bill dengan cepat tertarik dan mempelajari mesin ini. Disini Bill Gates bertemu dengan Paul Allen, dan beberapa murid Lakeside lainnya juga tergila-gila pada computer. Mereka selalu menghabiskan waktu di ruang computer siang dan malam, menulis program, membaca literature computer, dan mempelajari seluk beluk computer. Beberapa waktu kemudian, di akhir tahun 1968 mereka membentuk Lakeside Programmer Grup, dan sempat bekerja untuk C-Cubed.
   Ketika dua temannya keluar dari grup, Bill Gates dan Paul Allen sepakat membuat grup baru bernama Traf-O-Data. Mereka membuat program lalu lintas untuk pemerintah kota dan juga menerima tawaran pekerjaan dari TRW, sebuah perusahaan pertahanan. Di TRW, Bill dan Paul mulai serius berpikir untuk mendirikan sebuah perusahaan software suatu hari nanti.

Awal Revolusi Komputer

   Musim Gugur 1973, Bill diteruma di Harvard University, Boston. Salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat, dan mengambil jurusan hokum dan menambah satu mata kuliah khusus, yaitu Matematika.
   Bill menghabiskan waktunya di Harvard denganmembuat program computer. Walaupun Bill sibuk dengan computer dan kadang bermain poker atau menonton film dengan teman asramanya, namun dia selalu mendapat nilai A untuk mata kuliah yang diambilnya. Pola hidup Bill sangat tidak teratur, demikian juga dengan pola makannya. Dia sering hanya makan Pizza dan minum Cola.
   Desember 1974, Paul Allen mengajak Bill untun membuat program bagi Altair 8080, sebuah mikrokomputer pertama di dunia yang dilihatnya dari majalah popular electronics. Program ini ditulis dengan mengadaptasi Basic, dan selesai dalam waktu delapan minggu. Pihak MITS, perusahaan mereka yang memproduksi Altair 8080 sangat terkesan dan meminta Paul Allen untuk bekerja untuk mereka.

Berdirinya Microsoft

   Pada tanggal 4 april 1945, di Albuquerque, New Mexico, Bill Gates dan Paul Allen sepakat untuk mendirikan perusahaan software bernama MICRO-SOFT. Keberhasilan program altair 8080 membuat banyak perusahaan meminta Microsoft untuk membuat program bagi mereka.
   Bill Gates mengambil keputusan untuk Drop-out dari Harvard, karena ingin serius mengurus perusahaan barunya. Paul Allen akhirnya juga memutuskan untuk berhenti dari MITS.
   Awal tahun 1979, kantor Microsoft pindah ke Bellevue dan namanya berubah menjadi MICROSOFT. Kemudian tahun 1986, pindah lagi ke Redmond, dekat Seattle, Washington.
IBM dan Personal Computer(PC)
   Awal tahun 1980, IBM sebuah perusahaan computer tersebar saat itu meminta MICROSOFT untuk membuat system operasi bagi computer terbaru mereka yang bernama personal computer(PC). Komputer pribadi ini direncanakan diluncurkan tahun 1971 dan dapat digunakan oleh semua orang, baik professional maupun keluarga.
   MICROSOFT membuat system operasi 16-bit yang bernama PC-DOS dan menjualnya ada IBM. MICROSOFT juga menjualnya pada perusahaan laun dengan nama MS-DOS. MS-DOS milik MICROSOFT menjadi system operasi yang paling sukses ditahun 1981.
Microsoft Windows
   November 1985, MICROSFOT meluncurkan sebuah system operasi versi baru menggantikan MS-DOS yang diberi nama Microsoft Windows 1.0. Versi berikutnya, Windows 2.0, diluncurkan tahun 1987. Kedua versi Windows ini tidak berhasil tetapi Bill Gates tetap memutuskan untuk terus mengembangkannya. Tahun 1990, Windows 3.0 diluncurkan dan berhasil mengambil alih pasar PC dengan penjualan tiga juta copy di tahun pertama diluncurkan.
   Windows 3.1 yang dirilis 2 tahun kemudian juga berhasil meraih kesuksesan. 90% PC yang terjual saat itu memakai  Windows 3.1 dan telah terpasang pada 70 juta PC. Windows 95, yang diluncurkan tahun 1995 dilengkai browser internet dan dapat mengoperasikan DC-ROM dan mesin fax juga berhasil menguasai pasar.
   Sistem operasi Windows ini terus dikembangkan oleh MICROSOFT. Sampai saat ini beberapa versi Windows telah diluncurkan, yang paling terbaru adalah Windows Vista yang dirilis pada bulan Januari 2007. Versi Windows selanjutnya yang akan dikembangkan adalah Windows Server 2008(2007-2008) dan Windows Vienna atau Windows 7(2010-2012).
   Saat ini, Windows telah menjadi system operasi yang paling popular  dan paling banyak digunakan pengguna computer diseluruh dunia.

   Karena Riwayat hidupnya cukup panjang, maka saya akan lanjutkan di Tokoh dunia legenda komputer, Bill Gates 2, Bisa langsung lihat di sini.