Bagi yang ingin menjadi penulis/sekedar bertanya.
Silahkan Email : dsahendra@gmail.com

Tokoh Dunia: Thomas Alfa Edison

    Selamat datang di blog baru saya, kali ini saya akan membagikan informasi tentang "Thomas Alfa Edison" yang dikutip dari berbagai buku dan dari beberapa website yang saya telusuri.
Berikut Informasinya:


                                       Raja Penemu Yang Optimis 

   Thomas Alfa Edison(11 Februari 1847 - 18 Oktober 1931),lahir di kota Milan,Ohio, Amerika Serikat.
Edison pernah mengucapkan sebuah kata mutiara yang melukiskan kenyataan hidupnya di dunia selama 84 tahun,yaitu : "Bakat itu adalah 1% Ilham ditambah 99% kerja keras."
   Jumlah benda yang ditemukan Edison sepanjang perjalanan hidupnya ada sekitar 1200 macam. Bagi manusia jika dalam seluruh hidupnya bisa menemukan begitu banyak benda dan diantaranya ada yang mampu mengubah wajah seluruh dunia, benar-benar merupakan mukjizat. Oleh karena itu, sudah layak dan sepantasnya Dia memperoleh gelar " Raja Penemu".
    Namun,apakah keberhasilannya ini seluruhnya buah dari bakatnya? Bukan ! Sejak 10 tahun, Edison sudah berjualan koran di kereta api sambil melakukan percobaan. Kurun waktu selanjutnya,dia tidak pernah mengubah kebiasaan ini, seringkali sambil bekerja, ia memikirkan penemuannya. Konon setiap hari dia bekerja dari 18 sampai 20 jam, kalau sudah sibuk, bahkan sampai beberapa hari berturut-turut tidak tidur. Jarang ada orang yang bekerja tidak mengenal lelah seperti dia, apalagi ia selalu mengerjakan sesuatu secara kontinu, mungkin inilah yang membuatnya berhasil dan terkenal sepanjang masa.
    Seumur hidupnya, hanya ketika berusia 8 tahun dia memperoleh pendidikan resmi di sekolah selama 3 bulan, lalu dikeluarkan dari sekolah dengan alasan karena ia dinyatakan idiot, tidak mampu menerima pendidikan. Namun, Ibu Edison tidak menganggap demikian, maka dia sendiri memikul tanggung jawab atas masalah pendidikannya dan tak bosan-bosannya menjawab pertanyaan yang diajukan Edison. Kenyataan membuktikan Edison bukanlah anak idiot, hanya cara dia memandang sesuatu dari sudut yang berbeda dari anak-anak lain, dia suka mengamati dan menyelidik. Maka dari itu, keberhasilan Edison di kemudian hari tak bisa lepas dari jasa ibunya, seandainya saat Edison dikeluarkan dari sekolah, lalu ibunya kehilangan kepercayaan terhadapnya, tidak memperdulikan dan tidak mendidiknya, tentu berakibat tragis, kelak tidak akan menjadi " Raja Penemu " tersohor. Maka, pendidikan keluarga itu besar artinya bagi anak-anak, untuk itu kita hendaknya memberi hormat pada para ibu !.
    Kalau saja orang yang paling berpengaruh dalam hidupnya adalah ibunya, maka buku yang paling mempengaruhi adalah karangan ilmuan Fisika dan Kimia Inggris terkenal, Yaitu Michael Faraday dengan buku yang berjudul " Percobaan Elektro ". Buku ini disajikan dalam bahasa sederhana namun mewakili rumus ilmu pasti yang dalam, dengan jelas menerangkan ilmu penerangan membuat Edison yang belajar sendiri, menghapus perasaan takut terhadap ilmu pasti, hal ini besar bantuannya terhadap penemuannya kelak.
    Penemuan penting bagi Edison tak terhitung banyaknya diantaranya yang berpengaruh besar bagi perkembangan dunia, seperti: Telepon, listrik, proyeksi fil dan lain-lain, yang dapat kita nikmati buah penemuannya hingga hari ini.
    Orang sukses seperti Edison, tidak setiap saat hidup dalam gemuruh tepuk tangan, dia juga pernah mengalami diejek dan pukulan akibat kegagalan karirnya. Namun, keoptimisannya, membuat dia barkali-kali bangkit dalam kegagalan, bahkan kiat semangat. (Dikutip dari buku tokoh dunia)

    Semoga "sikap" Edison dapat kita jadikan tokoh teladan, terutama bagi seluruh para pemuda agar tidak mudah menyerah, dan jangan lupa menghormati orang tua kita yang telah memberikan pendidikan dan sangat besar artinya untuk kita.

    Sekian Postingan saya tentang Thomas Alfa Edison, nantikan keluaran tokoh tokoh yang lainnya
Ditunggu Komentar dan G+ nya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar